Jumat, 04 November 2011

BAWANG MERAH (Allium cepa L.)

suku : Liliceae

Bawang merah juga sering disebut berambang. Umbi lapis berwarna keungu - unguan itu berbau tajam. Tanaman semusim yang tidak berbatang itu daunnya hijau panjang, berbentuk tabung yang ujungnya lancip. Baik umbi maupun daunnya sehari - hari dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Namun bawang merah juga sering dipakai dalam berbagai ramuan obat tradisional.


KANDUNGAN & MANFAAT :
Karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap antiradang, pembunuh bakteri, sedangkan kandungan kaponinnya mengencerkan dahak. Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angin dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, dan kadar gula dalam darah. Menurut penelitian terakhir, bawang merah juga bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya.

KEGUNAAN :

1. Demam Pada Anak
Kupaslah 2 atau 3 bawang merah, cuci, dan parut. Ambil 2 sdm minyak goreng, 1/2 sdm minyak kayu putih, seiris jeruk nipis di ambil airnya atau air dari sedikit asam jawa.Semua dicampur, digosokkan ke ketiak, punggung, dan perut. Kalau panasnya tinggi gosokkan ke kepala, ketiak dan semua lipatan badan, juga ke perut, telapak kaki dan bagian - bagian badan yang terasa panas kalau dipegang.


2. Perut Kembung
Ramuan yang sama dengan diatas, digosokkan di perut dan sekitarnya. Jika belum kentut, ulangi kira - kira 1/4 jam kemudian.


3. Masuk Angin
5 bawang merah dikupas, dicuci, dan diparut. 1 sdm air larutan kapur sirih (kapur sirihnya cukup seujung kelingking), dicampur. Digosokkan keperut, punggung, tengkuk, dan kaki.

4. Disentri
3 bawang merah dikupas, 1/2 daun patikan Cina, dan 5 cm pulasari. Semua dicuci, diiris, ditaruh dimangkuk lalu dikukus kira - kira 1 jam. Disaring dengan kain bersama cairan yang terkumpul di mangkuk. Takaran itu untuk 2 kali minum. Ulangi sampai sembuh.

5. Hipertensi
3 bawang merah dikupas, dicuci, ditelan utuh atau diiris kasar dulu baru dimakan.

6. Diabetes
3 bawang merah, 10 buncis, 10 salam dicuci, diiris, direbus dengan 1/2 gelas air. Saring dan airnya diminum 1x sehari. Periksakan gula darah seminggu kemudian.

7. Kutu Air
3 bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Campur dengan 1 sdm minyak kelapa, lalu didihkan. Hangat - hangat lalu oleskan ke sela - sela jari yang gatal. Kaki hendaknya dicuci dulu dengan air hangat dan keringkan. Hindari tempat becek dan kaki basah.

10. Bisul atau Luka
1 bawang merah dikupas, dicuci, diparut, lalu tempelkan ke bisul atau luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar