Minggu, 13 November 2011

DAUN JINTAN (Plectranthus amboinicus)

suku : Lamiaceae

Tanaman ini juga disebut Coleus amboinicus Lour. Daun jintan bentuknya lonjong bergerigi dan tebal. Warnanya hijau muda. Ukurannya kira -kira 4 x 5 cm. Karena tebal, ia juga suka disebut "Daun Tebal". Entah kenapa, sebagian orang di Jawa menyebutnya Daun Kucing. Batangnya lunak beruas - ruas dan bisa disetek. Di pot pun ia bisa tumbuh dengan baik. Yang dipakai dari tanaman ini adalah daunnya,bukan bijinya.

KANDUNGAN & MANFAAT
Ia mengandung minyak atsiri yang selain memberinya khasiat juga membuatnya terasa pedas. Daun jintan bersifat menawarkan nyeri dan membersihkan darah.

KEGUNAAN


1. Batuk
7 helai daun jintan dicuci, direbus dengan segelas air sampai tinggal setengahnya. Diminum pagi hari dan diulangi sore hari selama kira - kira 2 minggu.

2. Perut Kembung
7 helai daun jintan dicuci, lalu dikunyah - kunyah dan airnya ditelan.

3. Sariawan
7 helai daun jintan dicuci, lalu dikunyah - kunyah agar cairannya mengenai bagian yang sariawan. Ampasnya  jangan ditelan.

4. Bayi Sering Muntah
Jika bayi sering muntah setelah menyusu dari ibunya, sering dikatakan "air susu ibunya amis". Sebaiknya sang ibu mengunyah 7 helai daun jintan yang dicuci dulu. Kemudian airnya ditelan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar