Senin, 07 November 2011

BELIMBING MANIS (Averhoa carambola)

suku : Oxalidaceae

Belimbing buah batang pohonnya keras, daunnya rimbun. Bunganya kecil - kecil berwarna merah dan sedikit putih. Pohon ini berbuah hampir sepanjang tahun. Buahnya berusuk lima, rasanya manis dan banyak mengandung air.

KANDUNGAN & MANFAAT :
Seratnya yang tinggi mampu mencegah penyerapan lemak hingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, serat yang tinggi ini juga memperlancar pencernaan. Kandungan vitamin C nya yang tinggi baik untuk antikanker. Karena mengandung banyak air, belimbing buah bermanfaat menurunkan panas, memperlancar air seni, dan mengeluarkan dahak.

KEGUNAAN :


1. Diabetes, Kolesterol, Batuk, Radang Tenggorokan, Demam
2 buah belimbing yang sudah masak dimakan 2x sehari.

2. Hipertensi
cara I : Beberapa buah belimbing muda diparut lalu diminum air perasannya. Lakukan 2x sehari.

cara II : Segenggam daun belimbing manis dicuci bersih, ditumbuk, diperas, dan diambil airnya sebanyak 1 sdm. Campurkan air perasan tsb  dengan 1 sdm air jeruk nipis dan 1/2 sendok makan madu. Lakukan 2x sehari.

3. Bisul
Beberapa helai daun belimbing segar dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi air cucian beras. Tempelkan ramuan tsb kebisul dan balut.

4. Rematik
Tumbuk akar pohon belimbing dengan sedikit kencur. Campurkan tepung beras secukupnya dan sedikit air ke ramuan tsb. Tempelkan ke bagian tubuh yang sakit.

5. Melancarkan Air Seni
Segenggam daun belimbing manis setelah dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Air rebusan ini disaring, diberi sedikit madu. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

6. Malaria
Segenggam bunga belimbing kering diseduh dengan segelas air mendidih. Saring dan minum 2x sehari.

7. Sakit Maag
10 helai daun belimbing ditambah seujung jari kunyit, dan seujung jari temukunci direbus dengan 1/2  gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, disaring. Airnya diminum sekaligus 1x sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar