Jumat, 18 November 2011

JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia Swingle)



suku : Rutaceae

Jeruk nipis adalah tumbuhan perdu yang mempunyai banyak dahan dan ranting. Batangnya berkayu keras. Biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat sebesar bola tenis meja berwarna hijau kekuningan.

KANDUNGAN & MANFAAT
Jeruk nipis mengandung asam sitrat, asam amino, (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, timon kamfer), dan vitamin B. Rasa jeruk nipis yang asam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok.

KEGUNAAN


1. Batuk
1 jeruk nipis dicuci, kemudian diperas, lalu dicampur dengan 1 1/2 sendok kecap dan sedikit garam. Diaduk sampai rata, saring. Minum 1-3x sehari. Atau 1 jeruk nipis dicuci, diperas. Beri air hangat dan sepotong gula batu. Aduk rata, saring. Minum 1x sehari sampai sembuh.

2. Sembelit
1 jeruk nipis dicuci, diperas. Lumatkan 3 siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci, beri 1 sendok minyak kayu putih, asam kawak sebesar telur puyuh, dan sedikit air matang. Campur dengan air jeruk. Oleskan keseluruh tubuh, terutama disekitar perut.

3. Ambeien
Akar pohon jeruk nipis dicuci, direbus dengan 1 liter air kira - kira 1/2 jam. Saring dan minum airnya.

4. Haid Tidak Teratur
3 sendok makan air jeruk nipis, madu, 2 gelas air panas diaduk sampai rata. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

5. Difteri
2 jeruk nipis dicuci, diperas, kemudian diseduh dengan segelas air. Beri 1 sdm madu. Hangat - hangat dipakai untuk kumur - kumur selama 3 menit, lalu ditelan. Minum ramuan ini 3x sehari, 2 sdm.

6. Jerawat
1 jeruk nipis dicuci, diiris. Gosokkan pada kulit wajah.

7. Kepala Pusing / Vertigo
1/2 genggam daun jeruk nipis dicuci, dilumatkan. Beri 1sdm air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, dahi, dan pelipis. Lakukan 1-2x sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar