Senin, 07 November 2011

BELIMBING WULUH (Averhoa bilimbi)

suku : Oxalidaceae

Tumbuhan berbatang keras ini bisa mencapai ketinggian 10 m. Buahnya berwarna hijau muda, berbentuk lonjong sebesar ibu jari dan rasanya asam. Buahnya sering dipakai oleh ibu - ibu untuk memasak sehingga sering disebut juga belimbing sayur. Daunnya yang kecil berhadap - hadapan. Bunganya berwarna merah muda keunguan.

KANDUNGAN & MANFAAT :
Sebagai antiradang karena mengandung flavon. Selain itu, kaliumnya melancarkan keluarnya air seni (diuretik) sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Belimbing wuluh juga dapat mengeluarkan dahak dan menurunkan panas.

KEGUNAAN :


1. Hipertensi
cara I : Rebus 3 buah belimbing wuluh yang diiris - iris dengan 3 gelas air sampai tinggal setengah. Saring lalu minum 1x sehari pada pagi hari.

cara II : 3 buah belimbing wuluh diparut lalu diperas airnya. Diminum 1x sehari.

2. Diabetes
6 buah belimbing wuluh dilumatkan, lalu direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 2x sehari.

3. Gondongan
1/2 genggam daun belimbing ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan ramuan tsb pada bagian yang gondongan.

4. Jerawat
3 buah belimbing wuluh diparut, diremas dengan sedikit garam. Gosokkan ramuan tsb ke jerawat.

5. Rematik
Segenggam daun belimbing wuluh dicuci lalu ditumbuk sampai halus.Tambahkan sedikit kapur sirih. Gosokkan ramuan tsb ke bagian yang sakit.

6. Sariawan
10 kuntum bunga belimbing wuluh, sedikit asam jawa, sedikit gula aren direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

7. Gusi Berdarah
2 buah belimbing wuluh dimakan setiap hari.

8. Sakit Gigi
5 buah belimbing wuluh setelah dicuci bersih, dikunyah dengan sedikit garam. Ulangi beberapa kali agar rasa sakitnya hilang.

9. Batuk
Segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunga, dan 2 buahnya serta gula batu secukupnya direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Ramuan ini cukup untuk diminum 2x sehari.

CATATAN !
Karena buah belimbing wuluh asam, sebaiknya tidak dimakan oleh penderita sakit maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar