Senin, 14 November 2011

ILER (Coleus atropurpureus)



suku : Lamiaceae

Iler biasa juga disebut miana / jawer kotok / kentangan / ati-ati. Yang berkhasiat adalah yang daunnya berwarna merah kehitaman. Yang berwarna - warni lain cuma untuk hiasan. Bentuk daunnya bulat melancip diujungnya dan ditepinya bergerigi. Tanaman semak ini bisa setinggi manusia. Batangnya segi empat dan mudah patah karena lunak. Batang yang patah itu bisa ditancapkan untuk mendapat tanaman baru.

KANDUNGAN & MANFAAT
Daun iler mengandung minyak atsiri anatara lain karvakrol yang bersifat antibiotik, eugenol bersifat menghilangkan nyeri, etil salisilat menghambat iritasi. Selain itu, juga mengandung sedikit lendir.

KEGUNAAN


1. Ambeien
cara I : cuci 17 helai daun iler dan 7 daun ngokilo. Kupas 3 potong kunyit yang masing - masing sebesar ibu jari lalu memarkan. Semua direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum 1x sehari sebanyak 1 gelas. Ramuan ini cukup untuk 3 hari.

cara II : 17 helai daun iler, 7 helai daun handeuleum, 1/2 cangkir daun pegagan / antanan gede, dicuci, dihaluskan. Beri 1/2 gelas air, aduk. Saring dengan kain. Diminum 1x sehari.

cara III : 17 helai daun iler dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 1x sehari.

2. Sembelit Pada Penderita Ambeien
10 helai daun iler dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari.

3. Sembelit
5 helai daun iler dicuci, direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Saring dan beri sesendok minyak kacang. Diminum sekaligus.

4. Bisul
Daun iler dicuci bersih, ulasi dengan minyak kelapa lalu digarang. Hangat - hangat ditempelkan ke bisul.

5. Luka / Borok
Beberapa helai daun iler dicuci, remas - remas sampai keluar cairannya. Tempelkan pada luka. Ganti 3x sehari.

6. Perut Mulas
3 potong akar iler dicuci dan direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum pagi dan sore, masing - masing 1/2 gelas.

7. Untuk Haid Terlambat
7 helai daun iler dicuci, direbus  dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari. Ramuan ini diminum paling banyak 3 hari.

8. Untuk diminum pada hari terakhir haid (membersihkan)
3 helai daun iler dicuci, sekelingking kunyit dicuci, dikupas. Semua dilumatkan sambil diberi sedikit garam. Beri 3 sdm air, peras dengan kain. Cairan itu diberi 1 sdt air jeruk nipis.

9. Sakit Mata Merah
untuk obat minum : 5 helai daun iler dicuci dan direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah.

untuk ditempelkan : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tapi tidak sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar