Selasa, 20 Desember 2011

Kanker Tulang Belakang dan Kelumpuhan


TRIBUNNEWS.COM - Kanker tulang belakang membutuhkan perhatian mendesak. Jika tidak diobati, sel-sel kanker dapat merusak tulang tulang belakang (vertebrae), menyebabkan nyeri yang sangat besar, dan juga, ketidakstabilan tulang belakang.
Dalam beberapa kasus, runtuhnya vertebra sangat mungkin terjadi. Ketika ini terjadi, massa kanker dapat menekan saraf tulang belakang atau saraf tulang belakang, mengakibatkan rasa sakit, kelumpuhan, kegagalan sensorik, dan hilangnya kontrol usus atau kandung kemih.
Kanker tulang belakang bisa sangat menyakitkan dalam tahap akhir. Untuk pasien yang mengalami gejala, memahami dan memilih pilihan pengobatan yang paling tepat bisa sangat menegangkan dan membingungkan."
Tergantung pada jenis dan tahap kanker tulang belakang, berbagai bentuk modalitas pengobatan yang tersedia saat ini, mulai dari kemoterapi dan radioterapi ditujukan untuk menghancurkan sel-sel kanker terhadap pengobatan bedah.
Ketika dikombinasikan bersama-sama, operasi ditambah radioterapi berpotensi dapat memberikan hasil terbaik untuk beberapa pasien.
"Ketika metastasis terjadi, tulang belakang merupakan target yang mudah," kata Dr Mohd Hisam Muhamad Ariffin, ortopedi dan dokter bedah tulang belakang di Universiti Kebangsaan Malaysia Medical Centre (UKMMC) di Cheras, Kuala Lumpur. (asione)
 tahun.
Gejala kanker tulang belakang termasuk ringan sampai sakit luar biasa, yang biasanya nyeri yang dapat membangunkan Anda dari tidur. Kadang-kadang, nyeri jenis ini bisa salah untuk kejang arthritis atau otot.
"Kanker tulang belakang dapat mengakibatkan pasien memiliki saraf dikompresi atau (kompresi) sumsum tulang belakang; (tulang belakang) tulang menjadi hancur dari kanker dan tidak dapat menahan tubuh orang itu tegak lagi.
"Hal ini menyebabkan pasien yang bergerak, (baik) dari sakit atau dari yang lumpuh karena kompresi sumsum tulang belakang.
"Mereka juga bisa merasakan banyak rasa sakit dan pasien memiliki kualitas hidup sangat miskin," jelas Dr Hisam.
Apalagi, jika kanker terdeteksi terlambat, dan itu adalah dalam tahap canggih, operasi biasanya tidak dianjurkan oleh dokter.
Pengobatan yang paling pada saat ini adalah untuk manajemen nyeri dan pasien menjaga senyaman mungkin.
Dia menambahkan bahwa ia menganjurkan meningkatkan kualitas hidup pasien, yang harus menjadi prioritas untuk pengasuh pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar